Karena ini kita disebut berkembang


Seringkali kita diberikan sebuah statement bahwasannya kegagalan merupakan proses dari sebuah kesuksesan, seringkali kita mendengar bahwa tanpa kegagalan Steve Job, Jack Ma, Thomas Alva Edison, Napoleon Hill dan Nelson Mandela tidak pernah menjadi sosok figure inspiratif hingga saat ini, bahkan jika kita membaca biografi dari tokoh-tokoh utama dunia tersebut kegagalan seperti teman akrab yang menemani setiap langkah yang mereka ambil, rasanya kalau tidak ada kegagalan mereka tidak mungkin sehebat itu, jadi sebenarnya kegagalan itu teman tapi mengapa begitu menakutkan.

Kegagalan akan menjadi sesuatu yang berharga jika berada pada tangan yang memang menjadi rumahnya, semua kegagalan mampu membawamu untuk mencapai segala bentuk kesuksesan yang kamu inginkan namun terkadang kegagalan bertindak seperti sebaliknya dia membuatmu justru semakin sangat jauh dengan kesuksesan yang ingin kamu capai. Semua tergantung bagaimana cara kita untuk menyikapinya. Kegagalan memberikan pelajaran pada kita bahwasannya untuk mencapai ini kita membutuhkan persiapan sedemikian rupa dimana persiapan itu berbentuk abstrak yang akan kita ketahui kalau saja pada saat kegagalan datang kita menerimanya dengan lapang dada dan mulai mengamatinya, mengamati bahwa dalam aspek ini kita masih perlu melakukan pembenahan hingga kita terasa cukup pantas.

Mereka yang mampu untuk mencapai mimpi mereka adalah mereka yang belajar dari sebuah kegagalan, kesuksesan memang hanya diciptakan bagi orang-orang yang mau belajar dari kegagalan, yang mau keluar dari zona nyaman dan yang menganggap kegagalan merupakan sebuah teman. Terkadang beberapa dari kita mengalami masa lalu yang kelam yang membuat kita takut untuk mencoba, membiarkan diri kita tidak mau melihat sisi lain dari sebuah kegagalan dan ditambah dengan berada di lingkungan yang menilai bahwa orang yang gagal ialah orang yang tidak akan pernah sukses, penilaian lingkungan kita secara tidak sengaja menciptakan trauma dalam diri kita, menciptakan pemikiran dalam kehidupan kita bahwa kegagalan merupakan suatu hal yang salah dan hal yang harus dijauhi.

Kita tidak bisa menyalahkan orang tua kita untuk dimana kita tinggal, lingkungan apa yang ada disekitar kita, karena itu merupakan suatu hal diluar kehendak kita yang bisa kita lakukan ialah bagaimana mengubah pola pikir dalam diri kita agar kita bisa berdamai dengan kenyataan bahwa kegagalan ialah teman terbaik kita. Kegagalan merupakan suatu fase dalam hidup kita untuk menuju kehidupan yang lebih baik, banyak orang diluar sana yang gagal karena berhenti mencoba, padahal langkah selanjutnya ialah kemenangan mereka. Mereka mengakhiri perjalanan mereka selangkah sebelum kesuksesan mereka, mereka berpikir bahwa langkah setelahnya sama sehingga mereka tidak ingin mencoba lagi padahal bagaimana kita tahu masa depan kalau kita tidak mencoba hari ini.

Ada satu pepatah dari negara tionghoa yang berbunyi “jatuh 7x dan bangkit 8x” pepatah ini mengajarkan kepada kita bahwasannya bangkit dan tetap berjuang harus lebih unggul dibanding kegagalan, kita tidak bisa membiarkan diri kita untuk berdiam diri dalam dunia yang isinya hanya kegagalan, saat kita sudah berani untuk memulai kita harus berani untuk selesai, semangat kita untuk menyelesaikan mimpi kita harus lebih besar dibanding setiap permasalahan yang akan kita temukan nanti dalam perjalanan.

Kita tidak punya pilihan untuk berhenti melangkah karena masa depan adalah misteri sama halnya kita tidak pernah tahu apa yang tuhan beri untuk kita dilangkah selanjutnya, hal itu cukup untuk menjadi alasan kita untuk tidak berhenti berjuang, karena kita tidak tahu apa yang akan kita dapatkan maka kita harus berjuang untuk mengetahuinya, kita dilahirkan bukan untuk menyerah terhadap suatu keadaan tapi lebih dari itu kita dilahirkan untuk bisa bertahan dan mulai Menyusun potongan puzzle yang berserakan. Setiap masalah akan selalu hadir dalam hidup kita karena hal itu merupakan sebuah proses untuk membuat kita menjadi berkembang begitupun sebaliknya kegagaln bukan sebuah alasan untuk membuat kita menjadi lemah dan menyerah. Apapun bentuk dari masalah yang kamu hadapi saat ini janganlah berhenti untuk terus mencoba dan katakan ini pada masalahmu “wahai masalah, aku punya tuhan yang jauh lebih besar daripada dirimu”.

Kegagalan bukan sebuah musuh, karena ia adalah teman. Kegagalan bukan akhir karena ia adalah awal dan kegagalan bukan gembok karena dia adalah kunci dari sebuah pintu kesuksesanmu kelak. Jangan meragukan Allah bahwa Allah memberikanmu kegagalan karena Allah tidak mencintaimu tapi ragukanlah dirimu karena kamu tidak bisa melihat sisi lain dari sebuah kegagalan padahal kamu mempunyai hati, saat kegagalan itu datang tuhan hanya ingin engkau lebih dekat denganNya dan saat itulah perjalananmu mulai terbuka perlahan-lahan

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Someone you are grateful for

Setiap hal yang terjadi ialah yang terbaik

Semoga kamu bahagia