A memory

Hal yang pernah terjadi di masa lalu yang masih diingat hingga sekarang yang disebut memory. Banyak hal yang masih kuingat hingga kini namun aku hanya ingin menuliskan sepenggal cerita masa kecilku yang penuh dengan warna. Memori manusia mampu bertahan hingga seumur hidup oleh karena itu banyak dari banyak orang tua yang sudah sangat tua masih mengingat masa kecilanya.

Mengingat masa lalu mampu membentuk identitas diri kita karena mengingatkan kita tentang siapa diri kita sebenernya meyakinkan tentang persepsi-persepsi yang ada. Sehingga menyakinkan diri kita bahwa kita yang dulu adalah sama dengan kita yang sekarang. Memberikan kita banyak pengalaman juga menjadi manfaat mengingat masa lalu menjadikan kita lebih mudah untuk menyelesaikan masalah karena pengalaman yang ada di masa lalu.

Namun beberapa kejadian buruk di masa lalu juga sulit untuk dilupakan karena seberapa buruknya masa lalumu juga disebut dengan masa lalu. Ada beberapa orang yang terlalu sibuk meningat masa lalu justru membuat mereka menjadi depresi, apa yang mereka pikirkan mampu mengancam kesehatan mentalnya sendiri. Mereka tidak mampu menyaring apa yang harus dilupakan dan apa yang harus dijadikan pelajaran.

Beberapa orang memang kesulitan untuk melupakan kejadian buruk di masa lalu namun bukan berarti mereka tidak bisa. Secepat mungkin kita harus bisa melupakan segala kejadian buruk yang pernah terjadi di masa lalu. Sesekali berdiam dirilah di kesunyian dan pikirkan segala bentuk ingatan yang terjadi di masa lalu dan berkata pada diri sendiri bahwa hal itu masa lalu dan tidak akan pernah terjadi lagi kecuali jika kau tidak mengambil pelajaran dari perjalananmu di masa lalu.  

Adila kecil lebih cenggeng dari yang sekarang, setiap hal yang ia inginkan namun tidak ia dapatkan akan membuat dia menangis dan merenggek agar ia dapatkan hal itu. Sosok yang harus mendapatkan apa yang ia mau bahkan hingga kini, karena itu kejadian masa lalu menjadikan dia menyakinkan dia tentang persepsi yang ia pikirkan akan jati dirinya sendiri. Hal itu membuat ia memiliki jati diri sekarang dan lebih tau bagaimana caranya bertindak agar di masa depan hal itu menjadi lebih baik lagi.

Adila kecil juga memiliki momen masa lalu yang menyakitkan, saat dia tidak berhenti menangis yang membuat orang tuannya risih sesekali ia dihukum dengan ditenggelamkannya ke dalam bak mandi. Namun didikan seperti itu mampu membuat adila kecil menjadi lebih tegar untuk tidak selalu menangis lagi. Terkadang didikan keras dari orang tua juga diperlukan agar anaknya kelak menjadi orang yang disiplin dan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Seseorang yang ada saat ini, seseorang yang sangat kuat dan tangguh merupakan hasil dari bagaimana masa lalu memperlakukannya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Someone you are grateful for

Setiap hal yang terjadi ialah yang terbaik

Semoga kamu bahagia