Saat kau sedang terpuruk; ingatlah ini

Karena kalau tanpa kegagalan kita tidak akan pernah merasakan manisnya kesuksesan. Hasrat yang dimiliki oleh seseorang terkadang menjadi alasan untuk mereka bangkit lagi dari segala keterpurukan baik dari lingkungan, keluarga maupun dirinya sendiri. Berbagai macam masalah menjadi pemanis pada setiap langkah kehidupan untuk menunju kehidupan yang abadi, hal yang biasa apabila seseorang punya masalah dalam hidupnya karena memang sejatinya kita hidup di dunia bukan di surga, sebuah tempat persiapan untuk kita menjalani kehidupan abadi nantinya. Masalah ibarat sebuah batu loncatan, mereka menghantam setiap orang tanpa memperhatikan tingkatan kasta ataupun ras namun ada perbedaannya, batu tersebut bisa berukuran besar atau kecil tergantung siapa yang dihantam.

Manusia satu sama lain memiliki kadar kemampuan yang berbeda-beda hal ini dipengaruhi karena keputusan mereka dalam menjalani kehidupan yang mereka inginkan, pada setiap tahap kehidupan yang mereka temui akan membawa mereka pada setiap masalah yang mampu membuat mereka layak untuk naik ke tahapan kehidupan sebelumnya. Disini letak perbedaanya, apakah kita sanggup untuk melewati setiap masalah yang ada atau justru terpuruk karena masalah itu datang dan melulu lantakkan kehidupan bahagia yang kita miliki, pilihan yang akan kita ambil akan mempengaruhi jalan kehidupan takdir kita di masa depan.

Menyerah bukan menjadi solusi yang tepat ketika masalah itu datang, sebenarnya kita hanya mempunyai satu pilihan yaitu terus berjalan meskipun kita tidak tau tujuan mana yang akan kita tuju. Kita harus berani melihat sisi lain kehidupan, mengabaikan rasa emosional kita dan mulai berhenti berpikir bahwa kita merupakan sosok yang paling terpuruk yang ada di dunia dan mulai menerima kenyataan bahwasannya masalah datang kepada semua orang. It’s okay to not be okay karena kita semua manusia. Punya masalah tidak menjadikan kita sebagai orang istimewa namun bangkit dan menerima semuanya dengan memetik pelajaran menjadikan kita berbeda dari manusia lainnya.

Percaya atau tidak percaya bahwasannya masalah yang kamu hadapi di masa lalu merupakan pengalaman yang setiap orang belum tentu memilikinya, kita harus berani grow mindset bahwa focus kita bukan dengan apa yang menjadi tujuan kita tapi tentang bagaimana kita melewati setiap proses untuk mencapai tujuan kita tersebut karena itu yang menjadi point utama dalam kehidupan ini. Saat seseorang memiliki masalah baru dalam hidupnya mereka akan menemukan kesulitan untuk beradaptasi terhadap hal yang baru namun ketika kamu mulai menerimanya dan percaya bahwa masalah itu merupakan bagian dari hidup kamu disitulah kamu mulai belajar dimana pelajaran itu menjadi bekal untuk kamu menaiki tangga kehidupan yang lebih baik selanjutnya.

Masalah hanya tentang proses pendewasaan, bagaimana kita semua memakluminya dan menerimanya dengan ikhlas dengan hati lapang. Banyak orang diluar sana saat sedang memiliki masalah mereka justru menyakiti dirinya sendiri, seperti enggan makan, enggan keluar kamar, enggan bersosialisasi mereka merasa bahwa hanya diri merekalah satu-satunya yang paling tersiksa. Hal itu akan berdampak pada kehidupan kita sehari-hari ketakutan akan muncul seiring bertambah besarnya masalah yang kita hadapi membuat diri kita menjadi lebih terpuruk dan menganggu segala kinerja tubuh kita, menjadikan kita menjadi manusia yang lebih penakut yang tidak berani untuk melawan ketakutan itu.

Seringkali kita menyalahkan orang lain karena masalah yang ada dalam hidup kita, merasa bahwa dialah penyebab segala masalah yang datang pada kita padahal sebenarnya dirimu sendirilah yang mengijinkan dia untuk masuk ke dalam hidupmu dan mendatangkan masalah baru. Segala yang terjadi dalam hidup kita merupakan keputusan kita, kita adalah nahkoda, pemeran utama dalam hidup kita, setiap keputusan yang kita ambil kita harus berani untuk mengambil semua resiko dan menghadapinya tanpa penuh ragu. Masalah itu milik semua orang dan bukan hanya kamu, yang perlu kamu lakukan ialah sabar dalam menghadapi segala masalah yang terjadi dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Jika kamu menjadi orang yang pandai dalam mengambil segala hikmah dalam setiap permasalahan dan tidak memilih untuk menjadi terpuruk maka hal tersebut merupakan langkah awal untuk menjadi sukses, kesuksesan tidak pernah dicapai secara instan, mereka meminta sebuah imbalan yaitu kegigihan kamu untuk mencapainya dan menghadapi berbagai masalah yang ada dengan penuh kebijaksanaan.

Dan ingatlah satu hal, bahwa tuhanmu akan selalu ada didalam lubuk hatimu, yang tidak akan pernah jauh darimu yang selalu berada disetiap detakan jantungmu dan hembusan nafasmu. Lakukanlah segala sesuatu yang terbaik versi dirimu. Ucaplah terima kasih untuk setiap hal yang terjadi padamu karena saat kau mengucapkan hal itu bertambahlah rasa syukur dalam dirimu dan menjadikan berkat tuhan selalu berada di sekelilingmu dan mampu membuatmu untuk siap mengahadapi segala bentuk masalah demi untuk mencapai tujuanmu. Hari ini katakan pada masalah yang kamu temui "jika kamu besarnya seluas lautan aku punya tuhan yang jauh lebih besar darimu".

 


Komentar

  1. Karya ini cukup memotivasi saya untuk tetap bangkit dan menjadi lebih semangat menjalani hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasihh telah ada selalu untuk support aku. The best person is you

      Hapus
  2. Karya ini sangat memotivasi unutuk diriku sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih komen dengan segala keterpaksaan itu:v

      Hapus
  3. semoga yg sedang bermasalah mampu Bangkit dan menyandarkan semua pada tuhannya, terimakasih kaka:))

    BalasHapus

Posting Komentar

saranghae

Postingan populer dari blog ini

Someone you are grateful for

Setiap hal yang terjadi ialah yang terbaik

Semoga kamu bahagia