Kebaikan Akan Selalu Kembali Kepadamu

Manusia lahir dalam keadaan sangat suci hal itulah yang membuat mereka dijuluki seperti lembaran yang memiliki warna putih tanpa noda, seiring waktu lembaran tersebut berubah entah semakin gelap atau semakin pudar, mungkin hal itu adalah jawaban dari perilakunya selama ini. Sejak awal manusia tidak pernah punya kesempatan untuk memilih entah menjadi orang baik atau jadi orang jahat kalaupun suruh memilih mereka akan memilih menjadi orang yang baik, karena kehidupan bagi orang yang baik begitu banyak damainya dibanding hidup dalam dunia kejahatan. Saat manusia memilih untuk menjadi orang jahat hal itu bukan sepenuhnya keinginannya, terkadang lingkungan yang memaksa mereka untuk melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan yaitu kejahatan. Manusia melakukan kejahatan pasti ada sebab yang membuat mereka berani untuk melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan. 

Jikalau manusia terlahir dari awal sudah baik, untuk mempertahankan kebaikan tersebut perlu adanya usaha yang besar untuk mempertahankannya. Lingkungan yang baik juga akan memberikan dampak yang baik begitupun sebaliknya. Manusia terlahir sebagai orang yang baik, karena kesibukkannya yang menjadikan dia kurang peka terhadap lingkungannya, karena kesibukkannya yang menjadikan dia mudah marah dan emosi dan karena kesibukkannya yang membuat dia kurang empati, ambisi terkadang membuat dia menjadi egois dengan melakukan segala sesuatu agar mendapatkan apa yang dia mau dan terkadang tidak memperhatikan kondisi sekitarnya, rasa tidak peduli tersebut terkadang disalah artikan di sekelilingnya sebagai salah satu bagian dari sikap buruk.

Menjadi orang baik tidak melulu dengan memberikan hadiah, sumbangan, atau berkaitan dengan hal tersebut, namun hanya dengan hal yang sederhana seperti mampu memberikan lengkungan senyum yang membuat mereka bahagia cukup untuk menjadikan kita menjadi orang baik. Menjadi orang baik yang ikhlas, tulus, lebih peka dan lebih peduli serta memberikan perhatian cukup untuk membuat mereka merasa nyaman dengan keberadaan kita, membuat mereka merasa bahwa masih ada yang peduli terhadap keberadaan mereka karena keinginan manusia tidak lain hanya ingin mendapat perhatian dari orang lain.

Menjadi orang baik bukan sebuah kewajiban namun hal itu menjadi kesempatan bagi kita untuk mendapatkan rahmat. Banyak dari kita tidak sadar bahwa segala pertolongan dari orang lain merupakan imbal balik dari kebaikan kita di masa lalu karena sejatinya saat kamu membantu orang lain, tuhan melihat dan tidak mungkin dia tidak memberikanmu sesuatu karena perbuatan baikmu. Saat kamu membantu orang lain yang sedang kesusahan meskipun kamu tidak membutuhkan balasan bantuan dari orang yang kamu bantu namun tuhan akan mendatangkan orang yang kamu butuhkan untuk membantumu tepat waktu seperti itulah bagaimana karma berjalan.

Kamu tidak bisa bahkan tidak akan pernah bisa membantu semua orang yang ada di dunia ini namun bantulah mereka yang telah tuhan titipkan untuk hadir dalam hidupmu. Karena kebaikan yang dilakukan dengan tidak berharap balasan dia akan Kembali menemui dengan berbagai bentuk. Segala kebaikan yang sudah kamu berikan kepada orang lain secara ikhlas maka tuhan akan menggantinya dengan memberikan kebaikan yang jauh lebih besar pada waktu yang pas. Kebaikan bukan hal yang perlu diumbar kemanapun, kamu tidak perlu menceritakan kebaikanmu kepada orang lain karena tanpa kamu beritahu orang lain, sinar ketulusan dan kebaikan hatimu akan menemukan jalannya untuk bersinar.

Jikalau membantu orang berharap akan mendapatkan imbalan berupa kebaikan yang sama terhadap kita, maka kamu harus bersiap-siap untuk kecewa, ekspetasi yang sudah kamu bangun membuatmu lupa bahwa Allah merupakan pemiliki skenerio yang terbaik, Allah lebih tau apa yang kamu butuhkan dibanding dirimu sendiri. Oleh karena itu ikhlas menjadi dasar utama untuk seseorang melakukan sebuah kebaikan. Mungkin kebaikan yang kamu lakukan hari ini akan dilupakan oleh orang lain esok hari tapi tetap berbuat baiklah karena perilaku seseorang terhadapmu diluar pengendalianmu dan hal itu biarkan menjadi urusanmu dengan Allah. Tuhan tidak akan pernah diam dia akan tersenyum melihat hambanya menjadi khalifah yang selalu berbuat baik untuk manusia lainnya. Bangunlah pagi ini dan lanjutkan perjalananmu menggapai cita-citamu tapi jangan lupa satu hal tetap berbuat baiklah dengan niat untuk Allah bukan untuk mendapatkan balasan dari orang lain.

Komentar

  1. Saya suka tulisannya.
    Mmbuat saya trsentuh
    Semiga juga mmbuat perubahan positif buat saya

    BalasHapus
  2. Artikel ini mengandung pesan tersirat saya suka

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat2 bermanfaat untuk menjadi cerita tidur saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp sih habis bangun pikiran sama mentalnya pasti bakal positif sihh

      Hapus
  4. Artikel ini sangat bermanfaat untuk kehidupan teman saya jelun

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. seperti lilin yang berada ditengah kegelapan yg cahaya mampu memberikan penerangan

      Hapus
  6. Semangat untuk terus menulis ya, Kembaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh kembaranku komentar. Seneng rasanya hati ni

      Hapus
  7. Bangga banget, bagus banget, makasih membuka sudut pandang

    BalasHapus

Posting Komentar

saranghae

Postingan populer dari blog ini

Someone you are grateful for

Setiap hal yang terjadi ialah yang terbaik

Semoga kamu bahagia